KEJAKSAAN NEGERI MAGETAN Menuju WBK & WBBM

Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi telah mencanangkan pelaksanaan program reformasi birokrasi di seluruh instansi pemerintahan dari tingkat pusat hingga ke tingkat daerah. Dengan adanya program tersebut, diharapkan dapat tercapai tiga sasaran utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Dalam rangka menyelaraskan pencapaian sasaran hasil tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB)  telah mengeluarkan Peraturan Menteri PAN RB No. 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah. Hal tersebut menjadi dasar bagi seluruh instansi pemerintah untuk dapat menghasilkan sasaran pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik melalui enam area perubahan meliputi Program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Kejaksaan Negeri Magetan mendukung penuh terlaksananya pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi dan seluruh pegawai Kejaksaan Negeri Magetan berperan aktif dalam menyukseskan program pemerintah tersebut dengan menyediakan inovasi-inovasi yang ada di kantor Kejaksaan Negeri Magetan sebagai komponen pengungkit untuk menghasilkan sasaran pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain :

  1. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
Pelayanan Terpadu Satu pintu

Dengan adanya PTSP ini, pelayanan berupa permintaan informasi publik, konsultasi dan lain-lain dari tahap permohonan sampai terbitnya sebuah dokumen dilakukan di dalam satu tempat, sehingga menghindari masyarakat dilempar kesana kemari saat hendak memperoleh informasi dan tercipta pelayanan yang sederhana dan cepat serta tidak terjadi korupsi, kolusi dan pungutan liar.

2. Sistem Registrasi dan Informasi Tilang (SRINTIL)

Aplikasi SRINTIL

Aplikasi ini dapat diunduh di playstore dan berfungsi sebagai informasi bagi masyarakat mengenai tindak pelanggaran lalu lintas, sehingga masyarakat tidak perlu mengantri dan terhindar dari pungli / calo.

3. Wadah Jaksa dan Inspektorat Koordinasi (WAJIK)

https://wajikmagetan.com

Merupakan bentuk sinergitas antara Kejaksaan Negeri Magetan dengan Inspektorat Kab. Magetan dalam menerima pengaduan masyarakat terkait tindak pidana korupsi dan penanganannya. Dengan motto “Respon Cepat, Transparan Setiap Pelaporan, Efisien Dalam Penyelesaian, dan Menuju Wilayah Bebas Korupsi”, masyarakat tidak ragu untuk melaporkan apabila terdapat dugaan penyimpangan yang berindikasi tindak pidana korupsi di wilayah Kab. Magetan.

4. Jaksa Mbangun Desa (SAMBANG DESA)

Kejaksaan Negeri Magetan mengawal penggunaan anggaran keuangan desa supaya bisa pembangunan di desa dilaksanakan dengan baik dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan.

5. Pelajar Kenal Penegakan Hukum (PEKA Penegakan Hukum)

Peka Penegakan Hukum

Kejaksaan Negeri Magetan melakukan blusukan ke sekolah-sekolah di Kab. Magetan untuk mengenalkan hukum sejak dini kepada pelajar.

6. Kedai Pelayanan Publik

Di Kedai ini masyarakat akan mendapatkan menu pelayanan berupa permintaan informasi publik, konsultasi hukum, informasi tilang, informasi perkara, informasi barang bukti, pengaduan masyarakat serta kantin kejujuran.

Selain inovasi tersebut diatas, di kantor Kejaksaan Negeri Magetan juga tersedia berbagai fasilitas yang berfungsi untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik, diantaranya area difabel, ruang laktasi, ruang konsultasi, ruang diversi, musholla dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya inovasi dan fasilitas tersebut dapat terwujud Kejaksaan Negeri Magetan yang SMART (Sinergitas, Mumpuni, Agamis, Responsif dan Transparan).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *